Pages

Monday, June 25, 2012

8 Penyebab Komputer Menjadi Lambat




 Komputer yang lambat memang sangat menyebalkan,apalagi bila Anda seorang gamer atau programmer. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan komputer menjadi lambat :


  • Komputer Terinfeksi Virus,Trojan,ataupun Malware
Komputer yang terkena virus akan melambat karena sumber daya (baik RAM atau CPU) komputer yang seharusnya digunakan oleh aplikasi Anda dipakai oleh virus.Untuk mencegahnya,pasang Antivirus dan jangan lupa untuk sering-sering di-update.

  • Banyak Aplikasi Background
Software-software yang diinstal,terkadang berjalan tanpa sepengetahuan Anda.Semakin banyak program background yang berjalan,tentunya semakin banyak sumber daya yang tersisa untuk aplikasi yang akan Anda jalankan.Solusinya,Buka TaskManager melalaui ctrl+alt+del dan matikan proses yang tidak diperlukan.Atau uninstall aja sekalian softwarenya.Hati-hati,jangan mematikan proses milik sistem.

  • Memori RAM Tidak Mencukupi
Biasanya apabila sumberdaya RAM telah mencapai 90%,kinerja komputer akan mulai melambat.Ini bisa terjadi karena RAM anda kurang atau memang aplikasi yang anda jalankan Kegedean.Sebagai contoh RAM anda hanya 1 GB,lalu Anda main Battlefield 3 (alamat meledak tuh PC) maka jelas saja komputer Anda tidak kuat dan macet.Selain itu,bisa juga karena OS nya terlalu berat.Sebagai contoh, untuk Windows 7 minimal RAM-nya 1 GB,itu sudah minimal Om...Jangan dipake untuk aplikasi dan  dan game berat.Solusinya tentunya adalah mengupgrade RAM Anda,tentunya kompi Anda harus mempunyai slot RAM tambahan.

  • Konflik Antar Aplikasi
Aplikasi dalam kategori yang sama terkadang bisa crash dan memperlambat kinerja komputer. Misalnya saat Anda menginstal 2 Antivirus sekaligus dalam 1 PC.Sebaiknya,pilih saja salah satu yang sekiranya lebih unggul.Apalagi kalau keduanya makan sumberdaya yang besar.Contohnya adalah Kaspersky dan Norton.

  • Pemilihan Software Tidak Tepat
Pakailah software yang praktis dan sedikit makan sumberdaya.Banyak orang menginstal software cuma karena ikut-ikutan trend dan sebenarnya software tersebut jarang dipake.Misalnya, daripada menginstal Nero,sedangkan Anda jarang membakar data ke CD,pakai saja ImgBurn yang lebih ringan.

  • Terlalu Banyak Fitur dan Efek Tampilan
Fitur Aero pada Windows 7 dan Vista memang sangat cantik.Namun,sumberdaya yang dimakan juga besar.Bila Anda lebih mementingkan performa,pakai saja tema classic yang enteng.Disable juga fitur search indexing.Fitur ini berfungsi mempermudah proses pencarian(search),namun ini juga memberatkan komputer.Lagi pula Anda tidak sering-sering menggunakan search kan...



  • Space Kosong untuk Sistem Diambang Batas
Sisakan Sedikitnya 10% dari kapasitas total drive sistem (C:) sebagai ruang kosong.Sistem yang terlalu penuh dapat memperlambat kinerja.Sebaiknya,kurangilah aplikasi yang Anda simpan di Drive sistem,arahkan aplikasi untuk menginstal dirinya di Drive lain saat menginstal.

  • Banyak Sampah dalam Komputer
File-file registry windows dan temporary files yang menumpuk dapat membebani komputer.Bersihkan minimal sebulan sekali software-software seperti CC Cleaner,ASC,dan Tune Up utility.

Nah,sekian tips-nya.Semoga bermanfaat...(dari berbagai sumber)


Note : Pengunjung yang baik,harap tinggalkan komentar dan sarannya.Sangat berarti buat saya...

No comments:

Post a Comment

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D