Pages

Saturday, June 23, 2012

Mencegah Masuknya Virus


Virus…yah Virus…Rusak Deh…Yah PC gue koq nge-restart sendiri…Loh yang kemaren koq hilang..??? Ungkapan-ungkapan sebal tersebut memang sering terdengar saat virus menyerang komputer kita.Data- data berharga yang telah disusun dan dikumpukan sedemikian rupa tiba-tiba hilang entah kemana.Virus memang memiliki banyak sekali kemampuan yang bersifat merusak data,atau bahkan mengobrak-abrik sistem Anda.Contohnya adalah menyembunyikan data,menghapus data,makan memori harddisk,membuat komputer restart,hingga membuat sistem tidak bisa booting.Nah,untuk mencegah
hal-hal yang tidak diinginkan diatas,dipostingan kali ini,saya share tips mencegah masuknya virus ke komputer Anda :
  • ·       Pasang Antivirus,Yang ini pasti semua sudah tahu,Antivirus berfungsi menjaga PC dari virus yang masuk dan membunuh atau mengkarantina virus tersebut.
  • ·       Update Antivirus,Update sangat penting untuk memperbarui database Antivirus Anda.Sehingga Antivirus Anda bisa mengenali virus-virus baru.Setiap harinya,ribuan virus-virus baru lahir dari tangan pihak-pihak tak bertanggung jawab.Jadi Penting bagi Anda untuk sering mengupdate Antivirus Anda.
  • ·        Sering Scanning,Seringlah scanning untuk menyisir keberadaan virus yang mungkin terdapat pada PC dan membasminya.
  • ·       Jangan Asal Colok,Hindari langsung menancapkan flashdisk Anda di warnet.Apalagi warnet yang tidak di-deep freeze.Cek dulu apakah terdapat keanehan pada komputer warnet seperti shortcut shortcut aneh di desktopnya.Kalau terdapat tanda-tanda aneh seperti itu,lebih baik jangan colokkan flashdisk disana.
  • ·       Gunakan Deep Freeze,apabila perlindungan Antivirus dirasa tidak memuaskan,cobalah memakai Deep Freeze.Deep Freeze dapat membekukan seluruh isi hardisk Anda.Maksudnya data setelah pemakaian terakhir tidak akan disimpan.Sehingga apabila terkena virus,maka setelah PC di-restart,kondisinya akan kembali k seperti semula.Namun perlu dicatat,data yang Anda simpan baik berupa dokumen maupun aplikasi yang Anda instal juga ikut hilang saat PC me-restart.Jadi saat meyimpan dokumen,matikan dulu deep freeze-nya.
  • ·       Hindari Membuka Situs Tidak Jelas,Situs-situs underground seperti Warez dan pornografi terkadang mengandung malware yang terdownload dengan sendirinya saat dibuka.Jadi berhati-hatilah saat suring di Internet.
  • ·       Nyalakan Selalu Firewall,Firewall akan memblokir lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.
  • ·       Download File dari Sumber yang Aman,Jangan mendownload file file dari sumber yang tidak jelas.Usahakan dari situs yang terpercaya atau langsung dari vendornya.Bisa saja virus atau spyware diselipkan dalam fole tersebut tanpa Anda ketahui.
  • ·       Pakai Sistem Operasi Linux,Meskipun banyak orang yang masih awam memakai Linux,tidak ada salahnya mencoba.Linux sangat aman dan stabil karena Linux tidak mengenal file executablenya Win32.Selain itu Linux itu gratis dan mempunyai banyak support dari banyak programmer di seluruh dunia.
  • ·        Backup data Anda dengan Format ISO atau RAR,hal ini akan memberikan kekebalan pada file-file Anda agar tidak terinfeksi oleh virus.Pergunakan saja WinRAR atau UltraISO untuk melakukannya.
Nah,sekian infonya,semoga bermanfaat buat Anda semua…



Note : Pengunjung yang baik,harap tinggalkan komentar dan saran.Sangat berarti buat saya.

No comments:

Post a Comment

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D