Pages

Monday, June 25, 2012

Tips Cara Merawat Flashdisk



Flashdisk memang menjadi salah satu media penyimpanan yang sangat populer saat ini.Selain harganya yang terjangkau dan kapasitas penyimpanannya yang lumayan besar,flashdisk juga terbukti kuat dan awet.Bahkan  beberapa vendor menklaim mereknya tahan banting maupun tahan air (waterproof).
Contohnya flashdisk lama saya....Meskipun Masuk mesin cuci dan kecemplung di kamar mandi,masih bisa dibuka dan datanya tetap utuh.Namun tetap saja flashdisk bisa rusak kalau perawatannya buruk (maqlum...Ane teledor).Nah,berikut saya share cara merawat flashdisk agar awet dan tahan lama.

  • Jauhkan dari Medan Magnet yang Kuat.Jauhkan flashdisk dari benda-benda seperti handphone dan televisi.

  • Sering-sering Scanning virus.Flashdisk yang terkena virus memang sangat menyebalkan. Bisa-bisa nati komputer kita yang kena virus.Oleh karena itu,seringlah mengscan flashdisk atau diformat sekalian biar bersih.

  • Biasakan Eject.Jangan langsung mencabut flashdisk dari port-nya.Biasakan untuk meng-eject flashdisk atau di-stop lewat sistem tray.Flashdisk yang langsung dicabut bisa konslet dan akhirnya rusak.

  • Jangan Sampai Terkena Air / Basah.Meskipun flashdisk Anda waterproof/tahan air, lebih baik hindarkan flashdisk dari tempat basah.Jangan colokkan flashdisk ke PC saat dalam keadaan basah.Hal ini dapat menyebabkan arus pendek dan merusak flashdisk,Masih untung cuma flashdisknya,bagaimana kalau komputernya ikut konslet dan Anda ikut-ikutan kesetrum ?

  • Jaukan dari Panas,Hampir semua barang elektronik sangat rentan terhadap panas.Oleh karena itu jauhkan dari panas matahari dan jangan taruh diatas kompor.

  • Hindarkan Flashdisk dari Benturan,Benturan yang keras pada flashdisk dapat merusak komponen dalam flashdisk.Pilihlah flashdisk bercasing karet maupun besi(rawan setrum) untuk melindungi fisik flashdisk.

  • Tutupnya Jangan Sampai Hilang,Seringkali karena bentuknya yang kecil,tutup flashdisk hilang entah kemana.Padahal tutup flashdisk penting untuk menjaga agar debu dan uap air dalam udara tidak masuk dan menyebabkan pengaratan komponennya.

  • Beri Gantungan Kunci,Selain untuk mempercantik penampilan FD,gantungan kunci juga berfungsi agar flashdisk Anda tidak lupa tempat menympannya dan agar tidak tertukar dengan milik orang lain.
Nah,sekian infonya,semoga bermanfaat buat Anda....
Sumber : Idjunay.com
Note : Pengunjung yang baik,harap tinggalkan komentar dan sarannya.Sangat berarti buat saya...
 

No comments:

Post a Comment

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D