Pages

Thursday, July 12, 2012

10 Software dari Perusahaan Ternama yang Gagal



gagal

Beberapa perusahaan ternama kini terkenal menguasai pasar dunia IT seperti Microsoft, Apple, Adobe,Corel, dan kawan-kawannya dengan produk-produk/software hebat mereka.Namun,tidak semua software tersebut berhasil di pasaran.Ada beberapa software dari perusahaan tersebut yang gagal dimata konsumen dan terpaksa dihentikan proyeknya oleh perusahaan yang bersangkutan.Nah, apa saja software-software tersebut?Berikut 10 Software dari Perusahaan Ternama yang Gagal :

 Microsoft
  • Microsoft Liquid Motion
Microsoft Liquid Motion

Software ini berfungsi untuk membuat  animasi dan lingkungan interaktif pada sebuah website.Ada juga fitur untuk mempublish menjadi file-file HTML yang siap diupload ke server.Software ini juga memanfaatkan bahasa-bahasa Cross Platform seperti Java,Java Script,dan VB Script.Singkatnya, fungsi Microsoft Liquid Motion hampir sama dengan Adobe Flash yang mampu menampilkan aplikasi bergerak didalam sebuah situs.Namun kehadirannya kurang mendapat perhatian dari para programmer dan web designer.Karena popularitas yang semakin memburuk,akhirnya pada tahun 2000,Microsoft menghentikan pengembangan software ini...
  • Microsoft Picture It
 Microsoft Picture It

Dirilis pada tahun 1996,Microsoft Picture It memiliki fitur yang hampir sama seperti Adobe Photoshop.Dan karena kemiripan ini pula,software ini kalah bersaing dengan Photoshop yang memang sudah tekenal duluan.Akhirnya,pada tahun 2006 saat Microsoft merilis Windows Vista, software ini dihentikan pengembangannya.
  • Microsoft Money

Microsoft Money 

Seperti namanya,software ini memiliki fungsi untuk mengatur keuangan personal.Perangkat lunak ini dibangun untuk sistem operasi Microsoft Windows yang berjalan di atas IBM PC atau yang kompatibel saja, meskipun kini juga tersedia sebuah aplikasi yang digunakan untuk Microsoft Windows Mobile.
Sebuah fakta statistik memang menunjukkan bahwa penjualan Microsoft Money kian menurun, meskipun kemungkinan besar keputusan untuk menghentikan Microsoft Money sudah diambil jauh sebelum hal ini mulai terlihat. Matt Rosoff, seorang analis mengatakan bahwa keputusan menghentikan Microsoft Money mungkin semata-mata untuk memotong pengeluaran, lagi-lagi karena efek resesi global.


Apple
  • Apple Cyberdog
 
Tahun 1996,sebelum Apple memiliki Safari sebagai browsernya,Apple merilis Cyberdog,sekaligus sebagai software All in One Suite untuk menyaingi Internet Explorer dan Netscape Navigator. Dalam Cyberdog,terdapat aplikasi-aplikasi penunjang seperti E-Mail,News Reader,FTP,sekaligus Browser. Namun,Apple Cyberdog dinilai rakus sumberdaya dan lagi dukungan format filenya sangat terbatas. Hal ini dikarenakan Cyberdog memakai format berbasis Open-Doc.Akhirnya Apple menghentikan Cyberdog dan memakai IE (microsoft punya) sebagai browser default mereka.Setelah tahun 2003, Safari-pun mulai menggantikan IE.

Adobe
  • Adobe Persuasion
 
Fungsinya mirip dengan Microsoft Power Point,yaitu sebagai aplikasi Presentation-Maker. Namun, software ini masih saja kalah bersaing dengan Ms Power Point yang memang sangat populer digunakan orang.Alhasil,pada tahun 1997,Adobe memutuskan menghentikan pengembangannya.

  • Adobe Live Motion
 

Dirancang untuk menyaingi langsung Macromedia Flash yang menjadi Animation Editor terpopuler, pada tahun 2000 Adobe mengeluarkan  software yang fungsinya sama,yaitu Adobe Live Motion. Lagi,lagi,Adobe karena terlalu "nekat",software ini pun tenggelam karena kalah jauh dengan Macromedia Flash dan dihentikan pengembangannya.Akhirnya,2005 Adobe sukses mengakuisisi Macromedia dan mengeluarkan Adobe Flash.

Google
  • Google Video Player
 
Jika Anda pernah mendownload video dari google video search,maka Anda harus membukanya dengan GVP.Mengapa? Karena google memakai format tersendiri yaitu .gvi (Google Video File) dan .gvp (Google Video Pointer).Dengan semakin berkembangnya format-format lain,format eksklusif google ini mulai ditinggalkan.Akhirnya,2007 Google menghentikan Google Video Player dan menghapus format Google Video Files.
Yahoo! 
  •  Yahoo! Messenger Vista
Yahoo! Messenger memang aplikasi Chatting yang sangat populer.Namun versi yang satu ini dianggap gagal karena jeleknya kualitas Webcam Streaming dan fitur  Chat yang kurang stabil. Dan,Yahoo! meninggalkan Messenger Vista serta beralih ke yahoo! Messenger 11.
Symantec
  •   Norton AntiBot
 Norton Antibot

Menawarkan keamanan dari serangan hacker seperti Hijacking PC,Malware Attack dan Webroot. Namun,program ini sering crash dengan progam lain dan menyebabkan BSoD alias Blue Screen of Death.Tahun 2009,Symantec menghentikan pengembangannya.
Corel
  • Corel Family Pack
Corel Family Pack

Corel Family Pack adalah software all-in-one untuk mengedit foto, video, presentasi, analisa data, dan dokumen.Software ambisius dari Corel ini merupakan terobosan untuk menyaingi produk2 dari Microsoft,seperti Microsoft Office dan aplikasi dari Adobe seperti Photoshop.Software ini kalah bersaing karena hampir semua isinya yang ada didalamnya bisa dicari versi gratisnya. seperti open office,photoscape,dsb...Akhirnya,corel menghentikan penjualannya...
    
Nah,sekian artikelnya.Ternyata perusahaan-perusahaan besar diatas juga pernah gagal saat Launching Software baru.Ups,tapi mereka tidak pernah putus asa,dan toh,nama besar mereka masih tetap eksis hingga sekarang...Semoga bermanfaat...

Referensi : situsaja.com


Note : Pengunjung yang baik,harap tinggalkan komentar dan sarannya.Agar blog ini makin maju dan berkembang,jangan lupa Like juga di FB yah...

No comments:

Post a Comment

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D