':-:-:Blog Ora Genah Sing Penting Manfaat:-:-:Monggo komen di bawah:-:-:Dilarang misuhi admin:-:-:Jangan lupa di Like yo:-:-: blitar16: Virus-Virus Berbahaya yang menyerang Timur Tengah

Pages

Friday, July 6, 2012

Virus-Virus Berbahaya yang menyerang Timur Tengah




Beberapa waktu yang lalu,negara-negara di Timur Tengah dihebohkan dengan ditemukannya beberapa virus digital bebahaya yang menyerang fasilitas-fasilitas penting di Negara mereka. Konon virus-virus tersebut terbilang sangat canggih dan berbahaya.Bahkan beredar rumor bahwa pembuatan virus-virus tsb disponsori oleh negara tertentu.Dengan demikian,era perang digital (cyber warfare) mungkin akan segera dimulai...Nah,sedikit info tentang virus-virus tersebut :


- Stuxnet,Virus ini ditemukan pada bulan Juni 2010 dan ditujukan untuk mengganggu infrastruktur nuklir milik Iran.Yup,negara Timur Tengah yang satu ini memang terkenal menjadi "momok" yang ditakuti oleh Negara-Negara Barat dan Israel tak lain karena fasilitas nuklirnya yang bisa saja diubah menjadi senjata pemusnah massal.Stuxnet memiliki kode yang canggih sehingga sulit di-decrypt untuk diteeliti.Stuxnet diperkirakan memakan dana hingga jutaan dolar dalam pembuatannya.

 Stuxnet yang tergolong jenis Worm tersebut menyerang "Supervisory Control and Data Acquisition" (SCADA). SCADA digunakan untuk mengendalikan sistem pipa, pembangkit listrik tenaga nuklir dan perangkat manufaktur lainnya di Iran.Menurut para peneliti disana,Stuxnet dirancang untuk melakukan pencegatan perintah spesifik dari SCADA ke fungsi tertentu.

Stuxnet mulai terkenal karena menjadi bukti pertama adanya serangan yang sangat spesifik ke pihak tertentu alias Targetted Attack. Beberapa perangkat sentrifusa pengayaan uranium, yang dibutuhkan dalam menjalankan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir tertentu di Iran telah mengalami kerusakan akibat Stuxnet.Meski virus ini kabarnya sudah berhasil dilumpuhkan,Iran masih menuduh Israel dan Negara-Negara Barat atas penyerangan ini.
- Duqu,Nah,setelah Stuxnet yang kemaren bikin gempar,nampaknya Iran masih didera cobaan lagi. Tahun 2011,sebuah virus yang katanya "adik seperguruan" dari stuxnet.Menurut Microsoft,Duqu memanfaatkan celah keamanan Windows untuk memasukkan kode jahat pada sistem. Kesamaan Duqu dengan Stuxnet membuat Iran curiga bahwa kedua virus mutakhir ini dibuat oleh pihak yang sama.

Meski mirip Stuxnet, Duqu tujuan Duqu adalah untuk mengumpulkan informasi intelijen guna melakukan serangan lanjutan pada sistem kontrol industri.Sedangkan Stuxnet dirancang untuk menyerang sistem kontrol komputer buatan raksasa industri asal Jerman,Siemens.

Sebagian besar infeksi virus-virus tsb ditemukan di Iran,kemungkinan besar hal itu sengaja dilakukan untuk menyabotase kekuatan utama Presidan Mahmoud Ahmadinejad,Nuklir gan...

-Flame,Flame konon menjadi virus tercanggih didunia,dengan ukuran yang mencapai 20 MB, sangat besar untuk ukuran sebuah virus.Menurut laporan pihak terkait,Flame ditujukan untk menyerang Iran dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Terlacak pertama kali oleh Vendor Antivirus ternama Kaspersky,virus ini dinyatakan sangat rumit dan 20 kali lebih kuat dari progran-program Cyber Warfare lain yang telah terdeteksi.Bahkan,Stuxnet dibilang idak ada apa-apanya dibanding yang satu ini.

Kemampuannya antara lain mengumpulkan data rahasia, mengubah setting komputer secara remote, menghidupkan mikrofon komputer untuk merekam pembicaraan, mengambil screenshot dan mengkopi pembicaraan di instant messaging.Kaspersky menyatakan perlu waktu tahunan untuk menganalisa Virus ini.Pembuatnya-pun masih juga belum diketahui.
Nah,sekian info mengerikan tentang virus-virus berbahaya yang menyerang Iran,semoga bermanfaat..
 Referensi : memantau.blogspot.com
Note : Agar blog ini makin maju dan berkembang,harap tinggalkan komentar dan sarannya... 

No comments:

Post a Comment

Dilarang misuhi admin