Pages

Sunday, February 17, 2013

Perbandingan VGA NVIDIA dan ATI Radeon


Bagi Agan yang hobi main game atau mengutak-atik PC,pastinya sudah tidak asing lagi dengan duo rival ini.Yup,NVIDIA dan ATI memang menjadi GPU paling populer saat ini. Terbukti dari performa mereka yang memang dapat diandalkan,terutama untuk urusan game game berat seperti GTA 4,Crysis 3,Skyrim,dll.Nah,bagaimana perbandingan antara kedua rival ini ? Berikut review yan ane rangkum dari berbagai sumber :
1. Dari segi pasar,ATI Radeon menawarkan harga yang miring dan performa yang tidak main-main.Intinya,ATI menargetkan User dengan kelas Low-Mid End.Sedangkan NVIDIA lebih mengutamakan Mid-High End dengan performa Edan

2. ATI dan NVIDIA punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.ATI punya lebih banyak shaderproc,yang hebat untuk kalkulasi shading yang rumit,seperti DX10.Sedang NVIDIA punya texturing unit yang melimpah,sehingga settingan grafis ultra pada game tidak terlalu ngefek ke performanya

3. Raw performance GPU ATI lebih bagus dari  NVIDIA,tentunya karena Shaderproc-nya lebih banyak.Sedang NVIDIA,CPU harus memberi lebih banyak data untuk setiap Shaderproc-nya. Inilah sebabnya,kalau ATI dan NVIDIA dibandingkan pada settingan low,NVIDIA unggul. Sedangkan kalo settingan maksimal ultra-high semua,ATI jauh lebih unggul daripada NVIDIA.

Persaingan Kelam NVIDIA

Pada tahun 2003,NVIDIA meluncurkan GeForce FX 5000 yang payah kinerjanya.Kemudian, NVIDIA memberikan solusi dengan menurunkan kualitas gambar.Hal ini semakin mencoreng kualitas produk mereka.Sementara GPU andalan ATI yaitu Radeon 9000,terbukti mampu mengalahkan GeForce FX dari sisi kinerja dan performa.Inilah peluang ATI untuk merebut kepercayaan konsumen dari NVIDIA.

Selang 3 tahun kemudian,NVIDIA mulai bangkit dari keterpurukannya.Dengan peluncuran GeForce 6000 yang mengandalkan Shader Model 3 yang menjadi pijakan NVIDIA untuk mengalahkan ATI dari sisi kualitas gambar.Saat itu,ATI belum support Shader Model 3 sehingga kalah dari NVIDIA.Tahun 2006,ATI mulai support Shader Model 3 juga di seri X1000,sehinga keduanya berada di level yang sama.

Menyadari akan hal ini NVIDIA yang ingin menjaga brand No.1 mereka,mengambil langkah jerky.NVIDIA merangkul para programmer dan game developer dengan kocek tebal mereka, sehingga game buatan mereka akan berjalan bagus di NVIDIA,tapi tidak pada VGA ATI. NVIDIA sangat serius dalam konspirasi ini,bagi Anda yang suka gaming,pasti tidak asing dengan logo NVIDIA The Way It's Meant To Be Played (TWIMTBP).Kalao muncul logo ini diawal pembukaan game,bisa dipastikan game tersebut dibuat dengan campur tangan NVIDIA.Sehingga kualitas dan kinerjanya pada GPU lain tidak akan sebaik NVIDIA.


Berikut perbandingan tampilan antara keduanya pada game yang berlogo TWIMTBP :

NFS Most Wanted

Tomb Raider



Nah,sekarang udah jelas kan,perbandingan antara VGA NVIDIA dan ATI? NVIDIA memang menang dalam kualitas grafis,itupun karena udah main fulus sama game developernya. Saat ini,hampir 90% pasar game,terutama yang baru-baru seperti Assasins Creed 3,Borderlands 2, Dishonored,dll yang udah digandeng NVIDIA,untuk melihat game-game apa saja itu, silahkan Anda lihat di nzone.com di tab games.

Buat agan yang suka nyoba-nyoba duo serigala ini :p share pengalamannya dimari ya gan.


Referensi   : dari berbagai sumber

1 comment:

  1. ati kalah dari nvidia, hanya dalam beberapa game tertentu saja...

    salam kenal, ditunggu kunjungannya ya...

    ReplyDelete

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D