Pages

Thursday, June 21, 2012

Perawatan Khusus Untuk Laptop

Laptop juga perlu perawatan khusus,untuk menjaga keawetan dan keselamatan laptop Anda,banyak hal yang harus diperhatikan.Sayang kan kalau laptop rusak dan
data data penting Anda hilang.Untuk memperbaikinya-pun perlu biaya yang tidak sedikit.Berikut tips untuk merawat laptop Anda :
  • Jangan Makan atau Minum di Dekat Laptop
Memang menyenangkan,nge-game atau chatting sambil ngemil,namun hal ini mengandung resiko yang tinggi buat laptop Anda.Sisa-sisa cemilan yang jatuh ke keyboard laptop dapat masuk ke sela-selanya dan menyebabkan semut berdatangan.Apalagi cairan, baik cairan apapun termasuk softdrink dan air mineral sekalipun dapat menyebabkan rusaknya komponen laptop dan pengaratan komponen di-dalamnya.Bila Anda sedang bermain hotspot di Kafe atau semacamnya,sebisa mungkin jauhkan makanan dan minuman dari laptop Anda untuk menghindari kemungkinan tumpah.
  • Jangan Terlalu Lama Menaruh Laptop di Mobil
Saat Anda membawa laptop Anda di perjalanan yang jauh,usahakan menaruh laptop Anda dalam keadaan benar-benar mati dan berada di-tempat yang empuk dan aman dari kemungkinan jatuh.Apalagi saat melewati jalan yang buruk dan bergelombang.Harddisk bisa rusak karena tergoncang dengan hebat. Panas dari mobil juga dapat menyebabkan laptop rusak,oleh karena itu berhati-hatilah saat membawa laptop Anda bepergian.
  • Jauhkan Laptop dari Peralatan Yang Ber-Elektromagnet
Jauhkan Laptop dari peralatan peralatan yang mengandung arus magneik tinggi seperti microwave dan televisi.Paling tidak 30 cm dari peralatan tersebut.    
  • Pergunakan Tas Khusus Laptop
Untuk menjaga laptop Anda dari kerusakan fisik,gunakan Tas Laptop yang keras diliar tapi lembut didalam.Jangan mencampur isi tas dengan bolpoint,penggaris,handphone dan sebagainya.Karena dapat menggores permukaan laptop.  
  •  Perhatikan Baterai Laptop Anda
Sebaiknya,Anda menchaarge baterai laptop Anda saat kapasitasnya tinggal sepuluh persen.Jangan sampai mati total baru dicharge.Saat mematikan,simpan dalam  kapasitas 40%.Jangan terus menerus mencharge baterai saat penuh dan tidak dipakai.Seperti halnya baterai HP,baterai laptop juga bisa "melembung" kalau terlalu penuh.Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya umur baterai.

  • Jauhkan Laptop dari Hewan Peliharaan
Hal seperti ini sering saya alami sendiri.Kucing Saya menginjak-injak keyboard laptop Saya dan hampir membuat keypad-nya tercongkel.Pernah juga menumpahkan semangkok bakso di laptop ayah saya(untung bukan punya saya hehehe).Oleh karena itu,berdasarkan pengalaman saya sendiri (terbukti)pergunakanlah laptop Anda jauh dari hewan peliharaan Anda.Agar tidak bernasib na'as seperti saya... 
  • Jangan Menimpa laptop dengan Barang Berat
Hal ini bisa berakibat fatal,kerusakan hardware laptop dapat terjadi karena laptop tertumbuk barang barang berat.Komponen-komponen dalam laptop mudah bengkok kalau tertindih barang berat. 

  • Hindari Mengetik Terlalu Cepat dan Keras
Jangan terlalu menghayati dalam bermain game atau menulis artikel.Ketikan yang terlalu keras dapat menggoncang komponen dan merusak keyboard itu sendiri.Untuk game,pakai saja joystick atau xbox 360 controller sekalian biar awet keyboardnya.

  • Hindari Meletakkan Laptop di Pangkuan Anda
Selain dapat menyebabkan laptop Anda jatuh,ternyata radiasi dari laptop dapat merusak sel sperma bagi pria dan menyebabkan kemandulan.Wah,ini yang paling berbahaya...  

  • Jangan Meletakkan Laptop di Atas Bantal
Hal ini dapat mengganggu sirkulasi udara pada laptop.Lebih baik gunakan Cooling Pad untuk menyangga sekaligus menjaga suhu laptop.Harganya murah,mulai 30.000 an sampai 100.000 an.

  • Jagalah Laptop Anda dari Debu dan Kelembaban
Letakkan laptop di ruangan yang kering dan bebas debu.Debu dapat mengotori komponen sedangkan udara yang lembab dapat membuat komponen berkarat.

  • Bersihkan LCD Secara Teratur
Hunakan cleaning kit(@10.000-an) untuk membersihkan LCD dari flek dan bekas jari.LCD laptop adalah salah satu komponen yang mahal harganya.Kalau rusak,mending sambungin laptop ke monitor biasanya(yah...jadi PC biasa deh).   

1 comment:

  1. satu lagi jangan pake laptop cooler, soalnya kalo diruntut kelistrikannya bisa bikin rusak

    kalau mau lihat-lihat laptop bekas bisa mampir di http://www.wahanalaptop.com/

    nitip promo yah :) kalo tidak berkenan silahkan di hapus
    terimakasih

    SUKSES BUAT BLOG NYA!

    ReplyDelete

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D