Pages

Friday, July 6, 2012

Laptop Pertama di Dunia




Laptop merupakan inovasi yang dikembangkan manusia setelah komputer mulai maju dan berkembang.Ide menciptakan sebuah komputer pribadi yang bersifat portabel ini pertama kali terpikirkan oleh Alan Kay dari Xerox PARC pada tahun 1970.
Setelah gagasan tsb diterbitkan dan disepakati oleh yang lain,dimulailah proyek pembuatan laptop pertama di dunia.Proyek tersebut berhasil menciptakan sebuah komputer portabel seberat 11 KG  yang diberi nama Osborne1. Kemudian diproduksi pada tahun 1981 oleh Adam Osborne,seorang pekerja di penerbitan buku. Laptop ini sangat besar namun hanya memiliki layar sebesar 5 inchi (lihat gambar gan).

Lepi ini memakai sambungan listrik dan baterai cadangan yang bersifat opsional.Memiliki dua floppy drive 5 1/4 inchi,keyboard, dan battery pack. Osborne 1 dijual dengan harga $1800 tiap unitnya. Lalu performanya ? Yah,seperti nenek-nenek naik tangga,tinggi lagi...Kebayang kan ? Ya iyalah, zaman segitu mana ada Intel Core i7.Softwarenya-pun masih sederhana sekali.

Yup,meski begitu,pemikiran Om Alan ini memang patut dihargai.Inovasi beliau telah menjadi contoh bagi merek-merek laptop terkenal saat ini seperti Dell,HP,ASUS,dan kawan-kawannya.Nah,sekian dulu postingan kali ini.Semoga bermanfaat buat agan-agan semua...

Referensi : memantau.blogspot.com



Note : Agar blog ini makin maju dan berkembang,harap tinggalkan komentar dan sarannya...

No comments:

Post a Comment

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D