Pages

Thursday, July 5, 2012

Macam-Macam Sistem Operasi



Windows Linux Mac

Mungkin,banyak dari Anda yang menggunakan Sistem Operasi Windows.Ya,windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan karena kemudahannya dalam penggunaan (user-friendly) dan tampilannya yang memang cantik (Aero pada Seven dan Vista). Namun,selain Windows,terdapat beberapa Sistem Operasi lain yang juga digunakan oleh banyak orang di dunia.Berikut Saya Rangkum jenis-jenis sistem operasi :

  • Windows
 Yup,sistem operasi keluaran microsoft ini menjadi OS yang paling populer diantara Sistem Operasi lainnya.Meskipun sering dianggap kurang stabil dan mudah diserang virus,OS yang membuat Bill Gates kaya raya ini tetap merajai pasaran OS dunia.Sistim operasi Windows biasanya ditujukan pada pengguna rumahan dan gamers(karena memang banyak game yang hanya support OS Windows).Namun, tahukah Anda,bahwa Windows merupakan Sistem Operasi yang paling banyak dibajak orang(terutama Indonesia hihihi).Microsoft pun kini sedang galak-galaknya melakukan gerakan Anti Pembajakan,seperti memblacklist komputer yang ketahuan bajakan dan melaporkan ke pihak berwajib.Beberapa Variannya antara lain Windows 1,Windows 2, Windows 3,Windows 95,Windows NT,Windows 98,Windows ME,Windows XP, Windows Vista,Windows 7,dan Windows 8 yang katanya akan segera dirilis. 

Logo Jendela Windows

  • Linux
 Sistem Operasi ini diambil dai nama kernelnya yaitu Linus Torvalds, sedangkan   logonya adalah Pinguin diberi namanya TUX,singkatan dari Torvalds linUX. Linux merupakan operasi yang Open Source,artinya dapat dimiliki dengan gratis dan dimodifikasi Source Kodenya serta dijual kembali dengan bebas dengan lisensi GNU. GNU didirikan oleh Richard Stallman.Interface pada Linux umumnya GNOME,KDE, dan Xfce,namun pada Distro Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) keatas,umumnya memakai Interface Unity,namun bisa juga diubah ke GNOME.Linux umumnya dikonsentrasikan ke Workstation dan Server,karena kestabilannya yang memang terpercaya.Jadi,walaupun client banyak yang pakai Windows,servernya biasanya pake Linux.Selain stabil,Linux juga kebal dari Virus,karena linux tidak mengenal file executable-nya Win32. Selain itu, para pembuat virus juga lebih menarget Windows karena Windows memang banyak dipakai orang.Linux juga disupport oleh jutaan programmer (termasuk para hacker) didunia yang terus berusaha mengembangkannya.Beberapa Varian Linux antara lain adalah Ubuntu, OpenSUSE, Mandriva, Slackware, RedHat ,Xandros, Debian, Fedora, Mandrake,dan Distro-Distro Linux dai Indonesia seperti BlankOn dan IGOS.


  • Mac OS
 Singkatan dari Macintosh Operating System.OS keluaran Apple ini hanya support pada komputer Apple sendiri.Oleh karena itu kita harus membelinya OS ini satu paket dengan komputernya,sehingga harganya jadi lumayan mahal.Meski begitu,OS ini memang terbilang sangat bagus,tampilannya sangat menarik,dan juga kebal dari virus. Mac juga stabil karena diturunkan dari UNIX.Apple Computer sendiri didirikan Oleh Mendiang Steve Jobs dan Steve Wozniak.
  • Free BSD
Singkatan dari Berkeley Software Distribution,diturunkan dari UNIX bebas dari UNIX AT &T.Pertama kali diperkenalkan 1993 oleh David Greenman. Tujuan utamanya menyediakan software untuk berbagai kepentingan.Berjalan diatas chipset Intel.

  • Solaris
 Diperkenalkan oleh Sun Microsystem,diperkenalkan tahun 1992 sebagai pendukung Sun OS,Dibuat berdasar pada Sistem UNIX,OS ini merupakan Open Source seperti halnya LINUX,dikenal sebagai OpenSolaris.Solaris juga terkenal akan kestabilannya(karena memang turunan UNIX).Berikut daftar kelebihan Solaris dari OS lain :
  1.  DTraceL : Dapat mengamati dimana aplikasi menggunakan waktunya dan berapa lama
  2. Zona : Mengabstraksi sistem operasi yang memungkinkan aplikasi berjalan terisolasi satu sama lain di perangkat fisik yang sama.
  3. ZFS : System Restore-nya Solaris
  4. Manajemen Kegagalan : Mendiagnosa,memperbaiki,serta mencegah error
  5. Multimedia
  • UNIX
 Dibuat oleh Kent Thompson dan Dennis Richie dan dikembangkan AT&Bell Labs.Ditujukan agar menjadi OS yang MultiTasking,MultiUser,dan Portabel.Karena faktor kompatibilitas yang tinggi dan bebas disalin serta dimodifikasi,saat ini terdapat banyak sekali varian UNIX.UNIX ditulis dalam bahasa C,mirip dengan Ms DOS.Stelah munculnya  lisensi GNU punya Mbah Stallman,UNIX mulai berkembang dan salah satunya menjadi LINUX.


  • Chrome OS
 Dirilis oleh google dan berbasis Linux.Chrome OS juga mendukung MultiTasking,selain itu OS ini memakai standar web HTML-5 yang merupakan pengembangan software di browser berbasis sistim operasi.Tampilannya seperti gabungan Linux dan Vista.


  • IBM OS/2
 Disusun oleh IBM dan Microsoft untuk komputer IBM dan ditujukan untuk menggantikan MS DOS.


Nah,diatas adalah beberapa OS yang saya ketahui,sekian Artikelnya,semoga bermanfaat...

Sumber : rnunugraha.blogspot.com



Note : Pengunjung yang baik,agar blog ini makin maju dan berkembang,harap tinggalkan komentar dan sarannya

No comments:

Post a Comment

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D