Pages

Tuesday, July 10, 2012

Tips Agar Prosesor Tidak Cepat Panas dan Overheat




Processor merupakan otak dari sebuah komputer.Kecepatan berpikir dari prosesor sangat menentukan kinerja dari komputer tersebut.Namun,yang perlu diperhatikan,prosesor adalah salah satu komponen yang mudah sekali panas.Dan kalau sudah panas,akan sangat berbahaya,karena prosesor bisa rusak karena Overheat (terlalu panas) dan bahkan membuat PC atau Notebook Anda terbakar.Nah, pada postingan kali ini Saya akan bagikan tips agar Prosesor tidak mudah overheat :

  • Pastikan Heatsink Terpasang dengan Benar,Itu loh,pendingin yang dilengkapi kipas diatasnya. Heatsink berfungsi untuk mengeluarkan panas dari prosesor sehingga prosesor tidak mudah panas.Nah,kalau pemasangan heatsink tidak tepat dan terlihat agak goyah,Anda harus segera mengencangkannya.Karena kalau tidak,prosesor bisa overheat dan terbakar.
  • Pakai Heatsink yang Cocok,Kalau Anda seorang pengguna biasa (basic user),maka pendingin biasa saja sudah cukup,tapi bila Anda seorang Gamer (high-end user) terutama yang pake Prosesor AMD yang terkenal mudah panas,maka Heatsink juga perlu disesuaikan.Apalagi untuk agan-agan yang suka Overclocking,tentunya sudah tahu hal ini.Kalo bisa,pake Heatsink yang cair,meskipun harganya lumayan mahal,tapi bagus loh !
  • Pakai Thermal Pasta yang Berkualitas,Thermal Pasta atau Pasta Pendingin,juga berfungsi untuk mendinginkan Prosesor.Itu loh,cairan sejenis pasta gigi yang melekat diatas soket prosesor dan dibawah besi heatsink.Anda perlu menggantinya paling tidak 3 bulan sekali.
  • Tambahkan Fan Tambahan pada Casing,Fan Casing bersifat opsional,fungsinya agar sirkulasi udara makin lancar sehingga isi dalam CPU tidak mudah panas.harganya-pun termasuk murah, paling 15 ribu-30 ribuan di toko komputer.Tapi yang perlu Anda perhatikan,voltase daya dari power supply harus cukup.
  • Tempatkan Casing di Tempat yang Sesuai,Kalau ini Anda pasti sudah tau,jangan ditaruh dibawah sinar matahari,jangan ditaruh dekat kompor,jangan dibawa ikut ke neraka...dsb
  • Rapikan Kabel dalam CPU,Kabel dalam CPU yang banyak terkadang bisa semrawut dan membelit heatsink serta mengganggu sirkulasi udara dalam casing.Rapikan kabel-kabel tersebut,dan jauhkan dari kipas heatsink.
  • Buka Penutup Casingnya,Nah,ini cara termurah agar prosesor tidak mudah panas,tampa tambahan apapun (pengurangan malah).Dengan membuka tutup casing,sirkulasi akan semakin lancar karena panas akan langsung dibuang keluar.Namun,hati-hati,karena tutup casing dibuka, komponen cpu akan mudah terkena debu dan uap air.Jadi letakkan casing di tempat yang bersih, kering dan dingin.
  • Sesuaikan aplikasi yang agan gunakan dengan kemampuan CPU.Semakin besar clockspeed CPU dan jumlah corenya makin besar kemampuannya untuk menjalankan aplikasi dengan baik.Kalau CPU agan tipe biasa-biasa aja,mending jangan dipaksain buat mainin aplikasi gede kayak main DOTA2 atau Photoshop dan rendering video gan. Itu kayak maksa orang kurus buat ngangkat beras 1 kwintal gan bolak balik gan. Mungkin bisa jalan pada awalnya,tapi akan sangat membebani gan. Komputer agan bisa freeze tiba-tiba karena overheat dan ada resiko kerusakan.
  • Sering-sering bersihkan casing CPU dan motherboard. Debu dan kotoran dapat menumpuk panas di dalam casing cpu.Terutama kipas heatsink gan,kalau banyak debunya,putaran kipas dapat melambat dan tidak efisien.
  • Bersihkan dari dalam. Maksudnya disini dibersihin dengan software gan,misalnya pakai tune-up atau system utility lainnya.Biar kinerja CPU tidak terlalu terbebani gan.Jangan lupa buat scan virus-virus yang ngeganggu dan bikin berat komputer agan.
Nah,sekian dulu postingan kali ini,semoga bermanfaat yah gan ! Jangan lupa ditunggu komennya :D

2 comments:

  1. AMD sudah gak panas bos sekarang

    kalau mau lihat-lihat laptop bekas bisa mampir di http://www.wahanalaptop.com/

    nitip promo yah :) kalo tidak berkenan silahkan di hapus
    terimakasih

    SUKSES BUAT BLOG NYA!

    ReplyDelete

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D