Pages

Saturday, April 7, 2018

Tempat Tempat Servis Kamera Analog di Surabaya


Kawan lama saya
     Halo teman - teman sedulur analoggers ! Kamera analog akhir - akhir ini booming kembali di kalangan anak muda, pelan tapi pasti sensasi memotret menggunakan kamera analog terasa memorable dibanding kamera digital. Coba tanya bapak atau kakek kamu, siapa tau ada kamera lama yang bisa kamu pake buat belajar fotografi analog. Namun, karena umumnya kamera analog sudah tidak diproduksi lagi atau warisan dari jaman perang, fungsi kerjanya tidak selancar dulu ketika masa jayanya.

          Admin punya ada rangefinder Ricoh 500GX punya Ortu, mungkin sudah 8 tahun bersemayam di lemari tidak pernah kena sinar matahari. Waktu pertama kali dicoba fokus ring-nya macet tidak mau fokus meskipun diputar. Akhirnya terpaksa deh cari tukang servis kamera analog di Blitar, muter muter di toko kamera alhasil rata rata tidak bisa menangani barang legend seperti ini. Karena kamera digital saat ini sedang di puncak kejayaannya logikanya memang lebih menguntungkan kalau berfokus di bisnis dan reparasi kamera digital. Setelah cari informasi di lapak lapak lama di kaskus dan menyisir telusuran google akhirnya dapat beberapa informasi lokasi tukang servis kamera analog. Sekalian admin balik ke Surabaya buat kuliah, dapet juga beberapa alamat dan review tukang reparasi kamera analog di wilayah Surabaya. 

     Dari beberapa penelusuran, ternyata dulu emang cukup banyak tukang servis dan cuci cetak foto di Surabaya. Namun saat ini sudah banyak yang gulung tikar dan beraih profesi karena zaman sudah beralih ke era digital, yang tentunya lebih praktis dan mudah. Untuk mencuci foto saja admin harus menempuh sekitar 10 KM melintasi pusat kota ke Master Foto di Jalan Arjuno. Karena tempat ini satu satunya yang masih tetap buka di Surabaya setahu admin, kalau ada yang nemu lagi tambahin di komen yak. Nah, buat tempat servisnya berikut hasil petualangan admin muterin Surabaya :

1. Pak Ahmad di Benowo

Pak Ahmad (Foto comot dari kaskus)
     Beliau adalah orang pertama yang admin temuin buat benerin kamera rangefinder ortu. Pak Ahmad ini rumahnya di daerah Benowo Surabaya Barat, tepatnya di Perumahan Dreaming Land Blok B1-34. Orangnya sudah sepuh dan sangat berpengalaman dibidang kamera analog. Admin juga diajari sedikit sedikit tentang dasar menggunakan kamera dan mengatur eksposure (maklum, belajar masukin film ke rel aja baru kali itu hehe). Setelah 1 minggu an kamera pun siap digunakan. Pokoknya recommended banget deh bapak yang satu ini, cuman sayang jauh banget dari basis admin yang di Surabaya Timur jadinya tidak bisa sering-sering main ke rumah Pak Ahmad haha.

Kontak HP/WA : 0817-0352-2327


2. Pak Lasmono di Penjaringan

Pak Lasmono
      Beliau lokasinya di Wisma Penjaringan Sari, kalau dari Merr masuk ke Jalan Pandugo nanti belok kiri di perumahan. Spesifiknya di Wisma Penjaringan Sari Blok M No.34, cari di map pasti ketemu deh. Meskipun sudah berumur bapak yang satu ini masih enerjik sekali, hobi pingpong rupanya haha. Selain mereparasi kamera, Pak Lasmono juga ada beberapa stok kamera bekas yang dijual di etalasenya, coba coba aja kalian tawar barangkali dapet harga yang cocok.

Kontak HP/WA : 0888-5171-798

Etalase Pak Lasmono di rumah

3. Haji Amin di Pasar Turi

Lapak Haji Amin di Pasar Turi
     Berlokasi di lapak-lapak depan Pasar Turi Baru, teman teman harus jeli mencari lokasi bapak yang satu ini. Tanya saja pedagang pedagang yang jualan disekitar sana pasti langsung diarahkan. Lokasi spesifiknya admin lupa, tapi kalau tidak salah ada di lapak yang berada bersebrangan dengan PGS, dari situ masuk ke dalam di belakang toko toko senapan angin dan peralatan safety. Selain servis kamera, bapak ini juga menjual beragam lensa dan aksesoris kamera analog. Cuma kalau kesini harus jeli dan pintar menawar harga ya, namanya juga di pasar kalau gak biasa tawar menawar nanti bisa kena mahal. Kalau mau menghubungi bapaknya, lewat sms aja ya, soalnya Haji Amin ini masih pake HP analog juga hehehe.

Kontak HP : 0813-5711-1196

     Nah itu beberapa hasil penelusuran admin ketika cari tempa servis kamera di wilayah Surabaya. Sebenernya heran juga soalnya susah banget nemuin beliau-beliau ini meskipun Surabaya termasuk kota besar tapi yang jual dan servis kamera analog tidak sebanyak seperti di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Memang Surabaya kalau menurut admin lebih berarah ke startup dan teknologi terbaru seperti IOT, but still sensasi saat pertama kali menggunakan kamera analog gabisa dilupain. Foto foto yang gelap dan terbakar pun masih admin simpan sampai sekarang haha. #analogneverdie

Edit : Tempo hari baru servis lagi kamera Yashica 109 di Pak Ahmad, tapi belom sempat nyoba haha.

13 comments:

  1. Min mau tanya, wktu d pak Ahmad yg d servis apa aja ya? Terus kalau blh tau kenak biaya brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu servis ricoh aku aja yg fokus ringnya gabisa, kalo gak salah sekitar 70rb

      Delete
  2. Min saya punya ricoh 500gx lightmeternya rusak kira kira kalo dibenerin kena berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba konsultasi langsung ke bapaknya aja mas, soalnya punyaku udah ngga bisa dipake lagi lightmeternya

      Delete
  3. Wah sempet gak sengaja ketemu sama pak amin,pas lagi muter muter cari battery 4lr44 beliau baik banget ikut nyariin dan kasih kontak pak ahmad, eh baru tau kalau beliau juga punya lapak thanks min informasinya

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Paling deket ya pak lasmono mas, daerah pandugo

      Delete
  5. Terima kasih infonya mas, sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Wiihh mantap mas . Salam wong blitar e . Hehehe.
    Q mari nemu kamera ricoh 500 gx .makasih mas

    ReplyDelete
  7. untuk servis analog di pak Lasmono, apa tahun ini masih melayani ya? karena postingan ini sudah dari 2017

    ReplyDelete
  8. Permisi kak, di tempat Pak Lasmono ada kamera analog under 500k ga ya? Mau mampir tapi takut ga ada yang sesuai budget :)

    ReplyDelete

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D