Pages

Tuesday, July 31, 2018

Pengalaman Memperbaiki Kipas Angin Rumah yang Berdengung


     Jadi ini dari pengalaman pribadi saya sendiri waktu kipas di rumah agak ngadat. Kipas maspion model standing yang sudah bertahun taun mengabdi makin lama makin enggak terasa anginnya. Gejala gejalanya putaran terasa lambat dan berat, kadang kalau mau start nyala dari tombol speed 1 malah tidak mau berputar dan harus didorong pakai tangan supaya lekas berputar, sedang kalau pakai tombol speed 2 dan 3 baru mau berputar sendiri. 

     Asumsi awal saya pikir kipasnya mungkin kotor karena dari penampilan luar saja debunya kelihatan tebal sekali. Jadi kemudian kipas saya bongkar mulai dari pelindung luar, baling baling, dan rumah motornya dan dibersihkan semua debunya pakai kuas dan kain lap. Sempat rumah motor saya buka dan melihat gulungan tembaganya, tapi kelihatannya tidak apa apa karena tertutup rapat dan tidak terdapat kotoran disitu.

     Gara gara tidak memperhatikan proses pemretelan diawal tadi (asal bongkar saja) pemasangan gear kipas keliru dan tidak bisa kembali sesuai dengan posisi awalnya (gear saya lepas juga karena ingin menambahi pelumasnya). Akibatnya kipas jadi tidak bisa menoleh kiri kanan karena mekanisme gearnya tidak berjalan. Duh, mau memperbaiki sendiri kok jadi tambah trobel begini hehe.

     Rupanya permasalahan awal yaitu dengungan kipas dan perputaran yang lambat belum teratasi meskipun kipas sudah dikinclongi. Saya jadi curiga, jangan jangan karena masalah keistrikannya. Akhirnya browsing sana sini, ketemu blog yang membahas soal masalah di kapasitor kipas dan dengungan yang timbul akibat si kapasitor ini sudah mulai lapuk. Langsung saja saya bongkar lagi casing motor kipas, dan benda hitam berbentuk kotak dengan dua kabel inilah kapasitor kipas angin. Fungsi kapasitor ini adalah untuk self starting kipas angin, seperti pada kebanyakan peralatan rumah tangga lain yang memakai motor induksi. Harganya di toko elektronik sangat murah, hanya sekitar 6000 an waktu saya beli di Surabaya. Yang perlu diperhatikan adalah kapasitas farad dan rating tegangannya, kalau bisa sama persis dengan yang lama.

     Langsung siapkan solder dan timah serta kabel jumper pengganti untuk mengganti kapasitor yang lama. Cukup 5 menit saja kipas siap untuk diuji coba. Hasilnya sangat memuaskan, kipas bisa berputar kencang meskipun dinyalakan dengan speed 1. Wah, tahu begini saya tidak perlu membongkar keseluruhan bodi kipas ya. Kipas angin lama pun bekerja selayaknya baru beli, minus jadi tidak bisa muter kiri kanan hehe.

No comments:

Post a Comment

Budayakan komen gan ! Sekalian silaturahmi :D